13 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi via Web

Media sosial Instagram dikenal sebagai salah satu medsos paling populer di dunia dan di Indonesia. Salah satu konten yang dapat diunggah pada Instagram adalah video, dan ada cara download video Instagram tanpa aplikasi pun dengan aplikasi.

Namun, beberapa orang mungkin sedikit keberatan apabila menyisihkan ruang atau kapasitas pada memori ponselnya untuk mengunduh aplikasi khusus untuk men-download video dari Instagram. Maka dari itu, berikut adalah bagaimana cara mendapatkan video-video tersebut tanpa aplikasi.

Fitur pada Instagram

Fitur-pada-Instagram

Dengan tampilan sederhana, Instagram menjadi salah satu media sosial yang berhasil menarik perhatian penggunanya hingga memiliki jumlah membludak. Dengan fitur-fitur yang ada, pengguna tidak hanya bisa menikmati, tetapi juga membuat konten menarik untuk menyalurkan ide-ide mereka.

1. Foto dan Video di Feed

Fitur utama ini adalah fitur yang sudah ada sejak Instagram rilis pertama kali, sebelum fitur seperti Reels dan Story ada pada pembaruan terkini. Secara garis beras, media sosial ini memang diutamakan untuk membagikan konten foto serta video pendek lewat Feed pengguna akunnya.

2. Instagram Story

Berikutnya adalah Instagram Story, satu fitur yang kerap digunakan oleh rata-rata penggunanya dibandingkan unggah foto dan video melalui feed belakangan ini. Pertama rilis pada Agustus 2016 silam, kehadirannya dibarengi dengan eksistensi Snapchat.

Seperti pada Feed, Instagram Story pun memperbolehkan penggunanya membagikan konten jenis foto dan video. Selain itu, terdapat opsi mengatur filter serta permainan yang dapat dicoba di kala senggang. Konten pada Instagram Story akan selesai pada durasi 24 jam.

3. Highlight

Highlight ini merupakan fitur dengan output berupa barisan lingkaran ketika membuka profil suatu akun. Konten pada Highlight bisa diberi judul dengan bendera-bendera negara, dan isinya adalah momen-momen di mana si pengguna mengunjungi tempat-tempat di negara yang dimaksud.

Seperti itulah Highlight atau Sorotan bekerja; konten yang diunggah pada Instagram Story sebelumnya dapat disimpan dan dikumpulkan secara khusus pada Highlight. Apabila story tertentu tidak ingin hilang begitu saja dalam 24 jam, maka dapat dimasukkan ke dalam Highlight.

4. IGTV

Salah satu fitur dari update-an terbaru adalah IGTV. Menu ini memperbolehkan pengguna untuk mengunggah konten video berdurasi maksimal sepanjang sepuluh menit. Dirilis pertama kali pada Juni 2018 silam, video dapat diunggah dalam tipe landscape dan portrait.

Ukuran maksimal untuk video agar bisa diunggah adalah sebesar 650 MB.

5. Reels

Fitur berikutnya adalah Reels, di mana menu ini memungkinkan penggunanya untuk menciptakan video pendek dalam posisi portrait untuk dibagikan secara publik, baik kepada pengikut maupun pengguna di luar pengikut.

Jika sebuah akun tidak diprivasi, maka konten dari Reels akan lebih mudah dijangkau oleh banyak orang ini. Cara kerjanya mirip seperti istilah FYP pada media sosial TikTok, dan Reels juga menjadikan pengguna Instagram berbagi konten pada komunitas di media sosial ini.

6. Explore

Menu Explore juga adalah fitur tua yang hadir sejak lama, yakni dirilis pada Juni 2012 silam. Konten-konten yang muncul pada Explore adalah video atau foto yang barangkali akan disukai oleh pengguna, disusun berdasarkan algoritma dari Instagram.

Pengelolaan dan kurasinya umumnya didasarkan pada konten-konten yang pernah disukai atau diberikan Like oleh pengguna.

7. Instagram Shopping

Fitur ini juga merupakan yang terbaru pada Instagram. Dirilis pada Oktober 2020 silam di Indonesia sesudah sebelumnya sudah muncul duluan di negara-negara lain, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mempunyai etalase digital pada media sosial ini.

Fungsi utamanya sendiri adalah untuk memudahkan pengguna melihat produk-produk dari toko-toko bisnis di media sosial ini. Hal ini bekerja mirip seperti aktivitas berbelanja pada platform e-commerce, yakni dapat menyimpan barang di keranjang, melakukan check out, kemudian membayar.

8. Instagram Live

Fitur berikutnya adalah Instagram Live yang bekerja seperti menu untuk siaran langsung. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi secara audiovisual dengan pengguna lain di Instagram.

9. Hashtag

Beberapa media sosial selain Instagram juga memiliki fitur ini. Khususnya dalam bidang pemasaran, keberadaan hashtag pada konten dapat mendongkrak jumlah pengikut atau audiens, memudahkan penemuan konten, serta memudahkan akses dalam berpromosi.

Karena cepat menjangkau audiens, hashtag bermanfaat besar secara khusus dalam marketing. Namun, sejumlah kalangan diketahui masih belum menggunakan fungsi-fungsi hashtag untuk mengoptimalkan penjualan dan bisnisnya.

10. Insights

Mirip seperti Insight, fitur pada Instagram satu ini juga berkaitan dengan proses pemasaran. Pada Insight, pengguna akan diberikan informasi mengenai konten yang sudah diunggah; jumlah interaksi, data audiens, dan informasi lainnya.

Hal ini memberikan manfaat besar bagi para pengusaha, terutama dalam memudahkan mereka dalam memusatkan target pasar yang hendak dijangkau melalui Instagram.

Cara Download Video Instagram dari Akun Sendiri

Cara-Download-Video-Instagram-dari-Akun-Sendiri

Metode pertama adalah ketika ingin menyimpan konten yang diunggah di akun pribadi. Mungkin file aslinya tidak sengaja terhapus dari galeri, maka cara download video Instagram tanpa aplikasi ini dapat diterapkan.

Video yang dimaksud tidak hanya berasal dari konten pada feed, tetapi juga pada story dengan format video. Cara pertama adalah dengan mengaktifkan pengaturan agar konten-konten yang di-upload secara otomatis tersimpan dalam galeri.

Di samping itu, berikut ini adalah langkah-langkah apabila ingin men-download video-video tersebut secara manual untuk bisa disortir terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Buka menu Arsip, kemudian akses pada salah satu Story yang hendak disimpan.
  • Klik tombol Lainnya yang terletak pada sudut kanan bawah.
  • Tap pada Simpan, kemudian pilih Simpan Video.

Situs untuk Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Di samping mengunduh video milik sendiri, tentu banyak sekali video yang tersebar di beranda sendiri ataupun lewat pada halaman Explore yang menarik untuk diunduh. Tanpa aplikasi, situs-situs berikut ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan video tersebut di dalam galeri.

1. SaveFrom.net

SaveFrom.net

Situs pertama adalah SaveFrom, salah satu situs yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh video tidak hanya dari Instagram saja, tetapi juga beberapa platform lain, seperti Youtube, Facebook, Dailymotion, dan situs-situs penyedia video lainnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah download video Instagram tanpa aplikasi dari SaveFrom.net.

  • Buka video yang akan diunduh, kemudian salin link atau tautannya.
  • Pergi ke situs SaveFrom melalui browser di alamat htpps://savefrom.net/.
  • Lakukan paste atau tempel tautan yang sudah disalin pada kotak dialog yang tersedia.
  • Klik Download, kemudian tunggu sampai keterangan file tampil pada halaman situs.
  • Sesudah file video yang dimaksud tampil pada layar, klik pada opsi Download MP4.
  • Perhatikan iklan pop-up yang muncul tiba-tiba, dan jangan sampai salah klik.
  • Tunggu proses pengunduhan, dan video sudah tersimpan di dalam perangkat.

2. SnapInsta.app

SnapInsta.app

Situs berikutnya untuk bisa mengunduh video dari Instagram tanpa keberadaan aplikasi adalah SnapInsta. Untuk langkah-langkah pengunduhan, silakan mengikuti poin-poin berikut ini.

  • Buka video yang dimaksud, kemudian copy pada link tautannya.
  • Buka peramban, kemudian pergi ke situs SnapInsta pada alamat https://snapinsta.app/.
  • Pilih kategori video yang hendak diunduh, seperti video, Story, Reels, atau IGTV.
  • Lakukan paste atau tempelkan link yang sudah di-copy pada kotak yang tersedia.
  • Perhatikan tahap pengunduhan video, dan ketika sudah selesai, file akan langsung tersimpan pada perangkat.

3. Inflact.com

Inflact.com

Berikutnya adalah situs yang memberi kemudahan dalam download video Instagram tanpa aplikasi bernama Inflact. Langkah-langkah pengunduhan sedikit mirip dengan pada situs sebelumnya, yakni SnapInsta.

Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin yang tertulis berikut ini.

  • Pilih satu video dan lakukan salin atau copy pada link tautan video.
  • Pergi ke peramban Mozilla atau Chrome, kemudian masuk ke situs SnapInsta pada alamat https://inflact.com/downloader/instagram/.
  • Pilih kategori video yang hendak diunduh, misalnya Reels atau video biasa yang ada di feed.
  • Pada kotak yang ada, tempel atau paste link yang sudah di-copy tadi.
  • Klik pada tulisan Download, tunggu sampai situs menampilkan informasi mengenai video.
  • Sesudah video sudah tampil pada layar, tap pada tulisan Download Video.
  • Secara otomatis, proses pengunduhan akan berjalan.
  • Pengguna juga dapat men-download video dari Instagram Story atau IGTV dengan cara mengetik nama pengguna atau akun yang mengunggah video Namun, video yang bisa diunduh hanya dari akun yang tidak di-private.

4. Storysaver.net

Storysaver.net

Berangkat dari nama situsnya sendiri, strategi branding dari Storysaver adalah platform khusus untuk mengunduh video-video dari Instagram Story. Berikut ini adalah cara download story IG tanpa apk dari situs ini.

  • Masuk ke halaman situs Storysaver pada alamat https://www.storysaver.net/.
  • Ketik username atau nama akun yang mengunggah story berbentuk video yang hendak diunduh tadi.
  • Tap pada tulisan Download.
  • Beri centang pada kode CAPTCHA yang tampil, kemudian klik I’m not a robot.
  • Kemudian, pilih video story yang hendak di-download.
  • Klik pada tulisan Save as Video.
  • Untuk mengunduh video dari fitur Sorotan atau Highlight, pilih Show#Highlight.
  • Lalu klik pada story Highlight yang hendak di-download.
  • Pilih Save as Video dan tunggu proses pengunduhan hingga selesai.
  • Bila ingin mengunduh video dari feed pemilik akun tersebut dapat dilakukan melalui tautan berikut ini: https://www.storysaver.net/download-instagram-videos/.

5. Downloadgram.org

Downloadgram.org

Cara download video Instagram tanpa aplikasi berikutnya dapat dilaksanakan melalui situs web bernama Downloadgram. Langkah-langkahnya cukup mudah, berikut ini adalah hal yang harus dilakukan untuk melakukan pengunduhan.

  • Pilih video yang ingin diunduh, kemudian salin tautan atau link-nya.
  • Buka situs org dengan alamat https://downloadgram.org/.
  • Lakukan paste atau tempel link video tadi pada kotak yang tersedia.
  • Klik pada tulisan Download, kemudian tunggu sampai informasi mengenai video tampil pada layar.
  • Sesudah informasi video muncul, tap pada tulisan Download Video.
  • Tunggu proses download sampai tuntas, dan video akan langsung tersimpan pada perangkat.

6. FastSave

FastSave

Rekomendasi tempat download video Instagram tanpa aplikasi lainnya dengan langkah-langkah yang mudah adalah FastSave. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka salah satu video yang akan disimpan, kemudian salink link-nya.
  • Pergi ke situs FastSave pada alamat https://fastsaveapp.com/.
  • Pada kotak yang tersedia, tempelkan atau paste link yang sudah disalin pada langkah pertama.
  • Klik tulisan Download, tunggu sampai situs menampilkan informasi tentang video.
  • Sesudah informasi video muncul, langsung tap pada tulisan Download Video.
  • Proses unduhan akan dimulai, dan saat selesai, video akan tersimpan di dalam perangkat.

7. Gramsaver.com

Gramsaver.com

Situs selanjutnya yang dapat dicoba jika ingin download video Instagram tanpa aplikasi adalah Gramsaver. Seperti namanya, situs ini memang memiliki embel-embel “gram” yang mengacu pada kata “Instagram”. Video dari media sosial Instagram bisa diunduh dengan langkah-langkah berikut.

  • Lakukan copy atau salin link pada salah satu video yang ingin di-download.
  • Masuk ke halaman situs Gramsaver di alamat https://gramsaver.com/.
  • Lakukan paste atau tempel link / tautan yang sudah disalin sebelumnya pada kotak yang tersedia.
  • Tap pada opsi bertulisan Download, tunggu sampai situs menampilkan informasi video yang dimaksud.
  • Sesudah kotak video muncul, tap pada tulisan Download yang juga memberikan informasi resolusi serta ukuran videonya.
  • Proses pengunduhan dimulai, dan video nantinya langsung tersimpan di dalam perangkat.

8. Igdownloader.com

Igdownloader.com

Masih belum cukup? Igdownloader hadir sebagai situs untuk download video Instagram tanpa aplikasi lainnya. Tentunya pengunduhan bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan praktis jika mengikuti langkah-langkah berikut dengan benar.

  • Salin tautan atau link salah satu video yang ingin di-download.
  • Pergi ke peramban dan masuk ke situs Igdownloader pada alamat https://igdownloader.com/.
  • Pilih kategori video yang akan di-download, misalnya Reels atau video biasa.
  • Kemudian, lakukan paste atau tempel link yang sudah di-copy sebelumnya.
  • Klik tombol Download dan tunggu dahulu sampai informasi video muncul.
  • Setelah itu, klik pada tulisan Download Video, dan tunggu proses pengunduhan sampai selesai.
  • Jika ingin men-download konten video dari fitur Story atau IGTV, pengguna hanya perlu mengetik username atau nama pengguna akun yang meng-upload video tersebut. Perlu diingat bahwa akun juga tidak boleh bersifat privat.

9. Instadownloader.co

Instadownloader.co

Berikutnya adalah situs untuk download video Instagram tanpa aplikasi bernama Instadownloader. Situs ini dapat diakses untuk mengunduh video-video dari Instagram dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Instagram dan lakukan copy pada link video dengan mengklik ikon titik tiga di sebelah kanan atas konten.
  • Buka peramban Google Chrome atau Mozilla Firefox, kemudian pergi ke situs Instadownloader pada alamat https://instadownloader.co/.
  • Tempelkan link yang sudah disalin pada kotak URL.
  • Tap pada tulisan Download, kemudian tunggu sampai proses download selesai.

10. Igram.io

Igram.io

Berikutnya adalah rekomendasi situs yang juga cukup mudah dan praktis dalam menyediakan cara mengunduh video Instagram tanpa aplikasi. Mirip seperti situs-situs sebelumnya, langkah lebih jelas dapat disimak pada penjelasan berikut ini.

  • Pilih salah satu video yang ingin di-download pada aplikasi Instagram, kemudian salin link tautannya.
  • Buka peramban atau browser kemudian masuk ke halaman situs Igram pada alamat https://igram.io/id.
  • Pada kolom atau kotak URL yang ada, tempelkan link tautan yang sudah disalin.
  • Klik tulisan Download, lalu tunggu hingga proses selesai.

11. Downloader4Insta

Downloader4Insta

Situs sederhana selanjutnya yang dapat dipakai untuk free download video Instagram tanpa aplikasi adalah Downloader4Insta. Penggunaannya sangat mudah, bisa diakses lewat laptop / PC dan ponsel.

Cara mengunduhnya sama seperti langkah-langkah pada situs sebelumnya, yakni melakukan copy-paste pada link video, lalu klik opsi Download untuk mengunduh video.

12. Gramblast

Gramblast

Rekomendasi berikutnya adalah situs bernama Gramblast. Pengguna dapat langsung mengunduh video dari Instagram dengan melakukan copy-paste, kemudian tap pada tulisan Download, lalu tunggu sampai video selesai diunduh.

13. ForHub

ForHub

Selanjutnya adalah situs yang memungkinkan penggunanya tidak hanya untuk download video Instagram tanpa aplikasi, tetapi juga mengunduh konten berbentuk foto. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Lakukan copy pada konten video yang akan diunduh.
  • Buka situs ForHub, kemudian paste link video pada kolom yang tersedia.
  • Tap pada tulisan Download, dan pilih pada beberapa opsi kualitas video sebelum melakukan pengunduhan.

Instagram memang kaya akan konten-konten menarik berbentuk video pendek. Karena itu, silakan manfaatkan situs-situs untuk download video Instagram tanpa aplikasi di atas. Tentukan sendiri kualitas video dan tonton video kembali secara offline melalui file di galeri.

 

Lihat Juga :