28 Aplikasi Wallpaper 3D Bergerak HD untuk HP dan PC

Beberapa orang mungkin pernah merasa bosan dengan wallpaper HP yang diam dan sederhana. Untuk menjadikannya lebih menarik, hadirlah aplikasi wallpaper 3D bergerak yang akan membuat layar utama smartphone-nya tampak unik dan berbeda.

Sebagai solusinya, pengguna Android dan PC tidak perlu bingung lagi mencari jalan keluar. Saat ini, tersedia banyak sekali aplikasi wallpaper tiga dimensi yang bisa dipilah-pilih. Dengan aplikasi-aplikasi berikut, kualitas yang disediakan pun sangat baik atau High Definition.

Daftar Aplikasi Wallpaper 3D Bergerak untuk HP

Berikut ini adalah aplikasi yang menyediakan wallpaper bergerak tiga dimensi, khusus bagi pengguna smartphone tipe Android.

1. Video Live Wallpaper Maker

Video-Live-Wallpaper-Maker

Aplikasi pertama ini bisa dibilang sebagai aplikasi yang menempati popularitas nomor satu dibandingkan aplikasi kompetitornya. Di samping menghadirkan video-video tiga dimensi, Video Live Wallpaper Maker dapat memutar video bersuara sebagai wallpaper.

Jika pada aplikasi lain hanya bisa membuat video bergerak sebagai wallpaper, maka produk dari ZipoApps ini memiliki keunggulan lain. Pengguna bisa membuat video animasinya sendiri dengan aplikasi editing yang sudah terpasang sebelumnya.

2. TikTok Live Wallpaper

TikTok-Live-Wallpaper

Berikutnya adalah aplikasi bernama TikTok Live Wallpaper, di mana membuat orang-orang yang terobsesi dengan video-video menarik dari TikTok bisa bermanfaat lebih setelah disimpan di dalam ponselnya. Ya, video itu dapat dijadikan wallpaper dengan aplikasi ini.

Untuk bisa membuat video-video keren itu menjadi wallpaper di HP, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Unduh aplikasi melalui Google Play Store.
  • Unduh salah satu video yang dipilih dari platform TikTok.
  • Buka aplikasi TikTok Live Wallpaper dan pilih video yang diunduh tadi.
  • Jadikan video sebagai wallpaper.

Dengan fungsi menarik dari aplikasi milik TikTok ini, membuatnya diunduh lebih dari 50 juta orang dengan rating aplikasi 5/5.

3. Photo FX Live Wallpaper

Photo-FX-Live-Wallpaper

Selanjutnya aplikasi wallpaper 3D bergerak bernama Photo FX Live Wallpaper. Pengguna bisa membuat wallpaper sendiri untuk menjadikannya sebagai tampilan di layar utama. Di dalamnya terdapat beragam fitur, salah satunya adalah mengatur jumlah frame yang bergerak.

Selain itu, ada pula fitur untuk mengatur set slideshow, opacity, serta transisi untuk setiap gambar. Aplikasi ini sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan desain sendiri untuk dijadikan sebagai wallpaper.

Sudah lama sejak pertama kali aplikasi ini dirilis, namun update-an terbarunya selalu berhasil menarik perhatian pengguna karena penyesuaiannya yang tepat. Di samping itu, aplikasi ini pun cukup ringan, yakni hanya berukuran 6,24 MB saja.

4. Panoramic Screen

Panoramic-Screen

Rekomendasi berikutnya adalah Panoramic Screen, di mana aplikasi ini dapat membuat layar utama ponsel dari pengguna bisa bergerak dalam visual berformat tiga dimensi. Menggambarkan nama aplikasinya, wallpaper yang ditawarkan akan terlihat seperti panorama yang menawan.

Aplikasi ini juga cocok untuk pengguna yang lebih memilih untuk mendesain wallpaper-nya dengan nuansa pemandangan alam, seperti  hutan, pantai, pegunungan, dan pemandangan lain. Terdapat dua metode dalam mekanisme gerakan aplikasi ini, yakni swipe (usap layar) dan sensor gyroscope.

Lebih menarik lagi, aplikasi ini kompatibel pada Android yang spesifikasinya cukup rendah, yakni mulai dari versi 2.3 ke atas.

5. Mi Wallpaper Carousel

Mi-Wallpaper-Carousel

Aplikasi ini hadir secara khusus bagi pengguna model Xiaomi versi terbaru. Mi Wallpaper Carousel menyediakan banyak sekali koleksi gambar berkualitas untuk dijadikan sebagai wallpaper. Tidak hanya untuk homescreen, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengganti tampilan lockscreen.

Ini akan menjadikan lockscreen pengguna akan berganti-ganti dengan otomatis ketika layar dihidup-matikan. Di samping itu, aplikasi ini menyediakan cerita khusus mengenai kisah setiap fotonya. Informasi bisa didapatkan dengan melakukan tap atau swipe pada layar.

6. GyroSpace 3D Free

GyroSpace-3D-Free

GyroSpace 3D Free menjadi aplikasi wallpaper 3D bergerak yang sangat cocok untuk pengguna yang berkecimpung atau tertarik dengan pengetahuan dan informasi seputar astronomi. Visual yang menakjubkan mengenai ruang angkasa bisa didapatkan dengan aplikasi ini.

GyroSpace hadir dengan tampilan wallpaper berupa planet dan parallax movement melalui objek-objek yang ada di sekelilingnya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur kustomisasi, di mana pengguna dapat mengatur rincian planet, memasukkan efek bintang jatuh, dan kustomisasi lainnya.

7. Snowfall Free Live Wallpaper

Snowfall-Free-Live-Wallpaper

Mungkin musim dingin bersalju sangat mustahil dialami oleh negara beriklim tropis seperti di Indonesia, kecuali di lokasi tertentu seperti di puncak Jaya Wijaya. Daripada membuang biaya untuk pergi ke sana atau mengunjungi negara nontropis, lebih baik merasakannya dengan aplikasi ini.

Tidak perlu repot, karena aplikasi ini dapat langsung diunduh melalui Play Store, dan jadikan tampilan layar utama dengan salju yang indah. Snowfall Free Live Wallpaper juga akan menghiasi homescreen pengguna dengan efek hujan salju yang membuatnya makin tampak menarik.

9. KLWP Live Wallpaper Maker

KLWP-Live-Wallpaper-Maker

Pada urutan selanjutnya adalah KLWP Live Wallpaper Maker, salah satu aplikasi yang menyediakan wallpaper 3D bergerak dengan berbagai fitur lengkap dan menarik di dalamnya. Lebih menariknya, pengguna dapat menciptakan gambar sendiri.

Gambar itu kemudian bisa dijadikan sebagai wallpaper. Pada fiturnya juga terdapat layanan seperti Google Fit, feed RSS, serta penerapan info cuaca. Fasilitas ini bisa dirasakan dalam versi gratis, namun akan lebih lengkap lagi ketika di-upgrade dan berlangganan dengan versi Pro-nya.

Rata-rata wallpaper yang tersedia gratis itu telah dibekali dengan kualitas terbaik. Pengguna dapat mengunduhnya langsung melalui Play Store.

9. Asteroid 3D Live Wallpaper

Asteroid-3D-Live-Wallpaper

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi wallpaper 3D bergerak, rekomendasi lain bagi mereka yang senang dengan dunia astronomi atau luar angkasa. Pemandangan menakjubkan itu bisa dinikmati langsung pada layar ponsel.

Aplikasi ini tidak hanya memanjakan penggunanya dengan pemandangan luar angkasa, tetapi juga merasakan bagaimana benda-benda langit di sana bergerak pada layar ponselnya. Ini akan menjadikan homescreen tampak jauh lebih menarik.

Wallpaper yang tersedia terdiri dari desain-desain keren terkait astronomi, seperti asteroid, satelit, dan planet. Diluncurkan pertama kali pada 2014 lalu, aplikasi besutan SkyDivers ini terbilang ringan dan sudah diunduh hingga 10 juta pengguna.

10. 3D Parallax Background

3D-Parallax-Background

Berikutnya ialah aplikasi bernama 3D Parallax Background, hadir dengan berbagai pilihan wallpaper dengan efek berlapis dan tema yang sangat bervariasi. Pengguna bisa memilih lebih dari 80 tema, dan update selalu dilakukan rutin untuk menambahkan pilihan tema baru.

Diketahui bahwa aplikasi ini tergolong lebih berkembang dibandingkan aplikasi sejenis, dikarenakan adanya efek 4D yang menjadikan layar tampak lebih canggih. Walaupun demikian, fitur itu tidak membuat aplikasi justru berukuran besar.

3D Parallax Background termasuk ringan, tetapi sudah tidak bisa lagi dinikmati dengan gratis seperti dulu. Harga aplikasi cukup terjangkau, cukup sebanding dengan apa yang disuguhkan kepada pengguna, yakni menjadikan wallpaper tampak lebih nyata.

11. Earth & Moon in HD

Earth-_-Moon-in-HD

Masih ada satu lagi aplikasi wallpaper tiga dimensi bagi pecinta dunia astronomi. Aplikasi ini bernama Earth & Moon in HD, di mana wallpaper yang tersedia tidak jauh-jauh dari tema bulan dan bumi dalam bentuk tiga dimensi.

Wallpaper tersedia dalam rincian yang canggih, di mana pengguna dapat menyaksikan perputaran bumi serta melihat cahaya, langit, juga matahari. Fitur kustomisasi yang ada juga memungkinkan pengguna untuk mengatur intensitas cahaya, jarak bulan, dan detail lainnya.

12. Pixel 4D Wallpaper

Pixel-4D-Wallpaper

Selanjutnya adalah aplikasi wallpaper 3D bergerak bernama Pixel 4D Wallpaper. Hadir bagi pengguna yang mencari wallpaper 3D dan 4D dengan kualitas canggih.

Di dalamnya terdapat koleksi wallpaper dengan tema yang bervariasi, seperti superhero, abstrak, anime, hewan, dan lain sebagainya.

13. Abstruct

Abstruct

Tidak seperti namanya yang dibaca sebagai “abstrak”, aplikasi ini tidak seabstrak yang dibayangkan. Muncul sebagai aplikasi baru hasil perkembangan Hampus Olsson, aplikasi ini ternyata tersedia untuk ponsel tipe OnePlus.

Pengguna perangkat ini bisa merasakan dan mencoba wallpaper bertema abstrak nan menakjubkan dan kaya warna. Di dalamnya tersedia wallpaper dengan total lebih dari 300, dan seluruhnya hadir dalam kualitas HD atau resolusi 4K.

14. Cartogram

Cartogram

Cartogram hadir sebagai aplikasi yang cukup unik; Ada fitur lokasi aktual perangkat yang dapat digunakan pengguna untuk menjadikan wallpaper-nya tampak seperti peta atau map. Apabila pemilik ponsel bergerak, maka peta di wallpaper juga bergerak.

Selain itu, ada sejumlah menu menarik yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kustomisasi pada aplikasi, yakni mode OLED bagi yang menyukai tampilan dalam mode gelap atau pilihan warna tertentu.

15. WALLOOP

WALLOOP

Masih belum cukup? Ada lagi aplikasi wallpaper 3D bergerak keren selanjutnya yang bisa dicoba dengan WALLOOP. Tersedia koleksi wallpaper 3D animasi yang dapat dipilih sesuka hati, dan tentunya disediakan gratis.

Kualitas gambar-gambar pun sangat jernih, yakni dalam resolusi 4K atau High Definition. Selain itu, pengguna tidak perlu khawatir akan pemakaian baterai, sebab aplikasi ini tidak akan boros atau menggunakan daya terlalu banyak.

Berbicara soal koleksi wallpaper bergerak yang banyak dan beragam, WALLOOP menyediakan sejumlah kategori, misalnya Black, AMOLED, Anime, Alam, Vaporwave, Superhero, dan Cinta. Dengan kategori ini, pengguna tidak akan merasa monoton dengan pilihan yang sedikit.

16. ANIME Live Wallpapers

ANIME-Live-Wallpapers

Disarankan bagi penggemar anime, aplikasi ini menjadi rekomendasi paling tepat. Di dalamnya terdapat koleksi wallpaper bergerak tiga dimensi, tersedia seluruhnya dalam resolusi 4K atau HD. Kumpulan wallpaper bertema manga dan anime juga bisa diunduh gratis.

Pengguna kemudian dapat mengubah homescreen-nya secara otomatis sehingga tampak lebih menarik dan lebih ‘fresh’ daripada tema layar yang monoton dan sederhana.

17. 3D GRUBL

3D-GRUBL

Rekomendasi aplikasi unik berikutnya adalah 3D GRUBL, aplikasi yang dapat memasang wallpaper bergerak sebagai tampilan homescreen, sekaligus menyediakan nada dering untuk dibedakan dengan nada dering milik orang lain.

Di dalam aplikasi terdapat banyak sekali koleksi wallpaper dalam berbagai kategori, di antaranya adalah AMOLED, VFX, Anime 3D Live Wallpaper, Nature – Animals, Inspirational Quotes, Beautiful Spaces & Planets, KPOP, dan masih banyak opsi menarik lainnya.

18. The Real Aquarium

The-Real-Aquarium

Bernama The Real Aquarium, aplikasi wallpaper keren 3D bergerak memang menggambarkan sebagaimana nama aplikasinya.

Besutan Memento Apps ini menghadirkan wallpaper bergerak dengan nuansa akuarium, dilengkapi pula dengan fitur berupa gelembung dan suara air untuk menjadikan wallpaper tampak lebih hidup di tengah desain bertema lautnya.

19. Anime Wallpaper HD

Anime-Wallpaper-HD

Selanjutnya adalah aplikasi lain bagi penggemar anime. Dikembangkan oleh SandStorm Studios, aplikasi ini menghadirkan wallpaper animasi 3D yang dapat bergerak, dan tersedia dalam jumlah yang sangat banyak, dari berbagai judul anime.

Beberapa opsi yang ada di dalamnya adalah wallpaper karakter dari anime One Piece, Dragon Ball, Sailor Moon, Naruto, Samurai X, dan judul-judul populer lainnya.

20. Lively Koi Fish 3D Theme

Lively-Koi-Fish-3D-Theme

Sebagaimana nama aplikasi wallpaper 3D bergerak ini, desain atau tema utama yang disediakan adalah pemandangan salah satu ikan hias, yaitu ikan koi. Bagi sebagian kalangan, ikan koi menjadi simbol keberuntungan.

Hal itu menjadi alasan bahwa tema wallpaper ini cukup menarik. Di samping itu, layar ponsel juga akan dibuat seolah-olah kolam asli adalah apa yang ada di balik layar HP. Ikan koi juga bisa bergerak jika pengguna mengarahkan tangannya dengan cara swipe.

Daftar Aplikasi Wallpaper 3D Bergerak untuk PC

Daftar-Aplikasi-Wallpaper-3D-Bergerak-untuk-PC

Pembahasan berikutnya masih seputar aplikasi penyedia wallpaper bergerak berbentuk tiga dimensi, namun khusus untuk digunakan pada perangkat laptop atau personal computer (PC).

1. DreamScene

Aplikasi pertama adalah DreamScene, di mana aplikasi ini kompatibel bagi pengguna Windows 7 dan versi yang lebih lama. Aplikasi ini termasuk ringan dan tidak memakan banyak ruang, serta cocok bagi mereka yang laptop-nya memiliki spesifikasi terbatas.

Karena ringan, DreamScene tidak memberikan pengaruh yang terlalu banyak terhadap kinerja CPU. Video yang digunakan pun dapat memakai format WMV, di mana akan terputar secara loop (terus-menerus).

Selain itu, pengguna juga bisa membuat video tersendiri; bisa diperoleh dari potongan video atau hasil rekam layar saat menonton sebuah film.

2. DesktopHut

Rekomendasi ke dua adalah aplikasi wallpaper 3D bergerak bernama DesktopHut. Fiturnya sedikit mirip dengan aplikasi bernama Wallpaper Engine. Perbedaannya adalah di mana pengguna dapat merasakan aplikasi ini secara gratis.

Selain itu, DekstopHut juga kompatibel pada platform lain; Tidak hanya pada Windows, tetapi juga Ubuntu dan Android. Aplikasi ini kompatibel pada versi Windows 10 dan lebih lama, serta bisa didapatkan dari situsnya tersendiri.

Ketersediaan wallpaper juga sangat bervariasi dari berbagai tema, seperti anime, game, pemandangan dan sebagainya. Pemasangannya pun tidak rumit; Hanya perlu memilih dan mengunduh wallpaper yang dipilih, kemudian pasang, lalu langsung terapkan.

3. BioniX Wallpaper

Selanjutnya adalah BioniX Wallpaper, aplikasi penyedia wallpaper bergerak dalam format 3D dengan ukuran ringan tetapi kaya akan fitur yang menarik. Ketika pengguna mengeksplorasinya, akan ditemukan wallpaper GIF versi loop, tetapi juga kompatibel untuk membuat versinya sendiri.

Wallpaper pribadi ini dapat diciptakan dengan slideshow, di mana bisa membuat aplikasi wallpaper bergerak dari galeri. Tampilannya yang sederhana pun akan membuat nyaman mereka yang masih menggunakan OS lama, seperti Windows 7 dan Windows XP.

4. DeskScapes

Berikutnya adalah DeskScapes, aplikasi wallpaper 3D bergerak yang kerap menjadi andalan beberapa kalangan saat membuat wallpaper bergerak untuk laptop atau PC-nya.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah pengaturan untuk membuat wallpaper sendiri dengan desain kesukaan sendiri pula.

8. Wallpaper Engine

Terakhir, adalah aplikasi bernama Wallpaper Engine. Nama ini sudah cukup terkenal di kalangan pengguna laptop / PC, dan kerap kali dipilih oleh mereka untuk menjadikan tampilan layar laptop mereka menjadi lebih menarik.

Aplikasi ini menyediakan efek animasi yang menakjubkan dan keren. Namun, aplikasi ini tidak tersedia secara gratis. Tapi, dengan memiliki koleksi wallpaper 3D bergerak yang ada, pengguna bisa mengkustomisasi setiap desainnya sehingga tidak terbilang sia-sia.

Saat ini, sudah banyak sekali aplikasi wallpaper 3D bergerak dengan berbagai tema yang berbeda satu sama lain. Aplikasi juga termasuk ringan dan kompatibel pada versi-versi lama, sehingga tidak perlu khawatir harus membeli ponsel dengan versi terbaru.

 

Lihat Juga :