17 Aplikasi Pinjaman Online Resmi Yang TerVerifikasi OJK

Apakah Anda sedang membutuhkan uang secepatnya? Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online. Namun, pastikan untuk menggunakan aplikasi resmi dan terpercaya yang diawasi langsung oleh OJK.

Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi berbagai masalah di kemudian hari selama proses cicilan hingga pelunasan uang pinjaman. Tidak usah bingung memilih aplikasi yang tepat, artikel ini akan memberikan informasi beberapa aplikasi pinjaman online OJK untuk Anda!

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Aman Diawasi OJK

Aplikasi apa yang aman untuk pinjaman online? Berikut ini daftar rekomendasi aplikasi resmi dan legal yang dapat digunakan untuk melakukan pinjaman uang dalam jumlah tertentu, yaitu:

1. JULO

JULO

Rekomendasi aplikasi pinjaman online bunga rendah yang pertama adalah aplikasi JULO Kredit Pindar & Pinjaman yang berada di bawah naungan PT Julo Teknologi finansial. Aplikasi JULO dapat diunduh dengan ukuran 23 MB, sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja ponsel.

Tidak perlu khawatir melakukan pinjaman melalui aplikasi JULO. Hal ini karena JULO dengan sistem jenis usaha konvensional sudah terdaftar secara resmi di bawah pengawasan OJK sejak 19 Mei 2020 melalui surat izin KEP-16/D.05/2020.

Anda bisa meminjam uang dengan limit tinggi maksimal Rp 15.000.000 juta rupiah melalui aplikasi JULO. Jangka waktu pembayarannya fleksibel hingga 9 bulan dengan bunga rendah 0.1% per hari.

Besarnya bunga tersebut sudah disesuaikan dengan ketentuan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Kelebihan dari aplikasi JULO adalah memberikan kesempatan bagi para peminjam untuk membayar cicilan sesuai tanggal gajian. Selain itu, JULO sering mengadakan undian dan memberikan hadiah pada peminjam yang melunasi pinjaman lebih awal.

2. EasyCash

EasyCash

Selain JULO, Anda juga bisa menggunakan aplikasi EasyCash untuk meminjam uang secara online dalam waktu relatif cepat. Aplikasi pinjaman online resmi dengan ukuran 21 MB yang satu ini dikelola oleh PT Indonesia Fintopia Technology.

Seluruh kegiatan operasional EasyCash diawasi langsung oleh OJK sejak 16 Oktober 2020. Buktinya EasyCash sudh mendapatkan durat izin dari OJK dengan nomor KEP-49/D.05/2020.

Sistem pinjaman konvensional yang disediakan oleh EasyCash membuat para peminjamnya harus melakukan pembayaran dana pinjaman sekaligus bunga pinjaman sesuai dengan kesepakatan. Besarnya suku bunga maksimum pada aplikasi EasyCash adalah 24% setiap tahunnya.

Anda pun dapat meminjam uang mulai dari Rp 600.000 hingga maksimal pinjaman Rp 20.000.000 melalui aplikasi EasyCash. Pembayaran atau cicilan uang pinjaman di EashCash harus dilakukan dalam waktu 93 hari hingga 180 hari sesuai kesepakatan.

3. Indodana

Indodana

Indodana merupakan aplikasi pinjaman online terbaik berukuran 14 MB yang dikelola oleh PT Artha Dana Teknologi sebagai aplikasi PayLater & Pinjaman Online. Aplikasi legal yang satu ini sudah mendapat surat izin KEP-15/D.05/2020 dari OJK sejak tanggal 19 Mei 2020.

Selain mendapat pengawasan langsung dari OJK, Indodana juga merupakan salah satu platform pinjaman online yang bergabung dalam AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Aplikasi Indodana sangat cocok bagi Anda yang perlu pinjam uang dalam jumlah rendah mulai dari Rp 1.000.000 hingga pinjaman besar mencapai Rp 12.000.000. Proses pembayaran cicilan uang pinjaman melalui Indodana dapat dilakukan dalam waktu 3 hingga 12 bulan.

4. AdaKami

AdaKami

Aplikasi pinjaman online yang sudah mendapat izin resmi dari OJK adalah AdaKami. AdaKami ini dikelola langsung oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia melalui surat izin OJK KEP-128/D.05/2019 sejak tanggal 13 Desember 2019.

Aplikasi AdaKami memberikan kesempatan untuk Anda yang ingin meminjam uang secara online sebesar Rp 3.000.000 hingga maksimum pinjaman Rp 10.000.000. Pengembalian dana pinjaman tersebut dapat dilakukan dalam waktu 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan ke pihak AdaKami.

Selain memberikan pinjaman dengan mudah, aplikasi AdaKami juga memiliki kelebihan lainnya. Peminjam dapat mengumpulkan poin melalui aplikasi AdaKami. Nantinya, poin yang sudah dikumpulkan tersebut dapat ditukarkan dengan aneka hadiah menarik melalui aplikasi AdaKami.

5. Alami

Alami

Ingin melakukan pinjaman melalui aplikasi dengan sistem syariah? Anda bisa memilih aplikasi Alami yang menyediakan sistem pinjaman berbasis syariah bagi para peminjamnya. Selain syariah, kelebihan lainnya dari aplikasi Alami adalah sudah resmi diawasi OJK sejak 27 Mei 2020.

PT Alami Fintek Sharia yang mengelola aplikasi Alami membuat aplikasi tersebut dapat diunduh oleh smartphone Android maupun iOS dengan ukuran hanya 22 MB.

Selain menyediakan pinjaman dana bagi yang membutuhkan, Alami juga memberikan kesempatan bagi masyarakat luas yang ingin membantu memberikan dana pinjaman. Dana tersebut pastinya akan dikelola dengan sistem syariah imbal hasil secara adil dan transparan.

Sistem peminjaman uang yang dilakukan oleh Alami bahkan membuatnya mendapatkan berbagai jenis penghargaan. Misalnya, Best Islamic P2P Finance Platform tahun 2020.

6. Investree

Investree

PT Investree Radhika Jaya mengembangkan aplikasi pinjaman online bernama Investree yang berukuran 12 MB. Aplikasi yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk meminjam uang melalui sistem pinjaman konvensional maupun syariah sesuai dengan kebutuhan.

Inivestree sendiri juga sudah mendapatkan izin resmi menyediakan jasa pinjaman online dari OJK melalui surat KEP-45/D.05/2019. Sejak tanggal 13 Mei 2019, OJK mengawasi secara penuh semua kegiatan operasional yang dijalani oleh Investree.

Informasi lebih lengkap tentang aplikasi Investree dapat diperoleh melalui aplikasi maupun situs resmi di https://investree.id/.

7. Rupiah Cepat

Rupiah-Cepat

PT Kredit Utama Fintech Indonesia mengelola aplikasi pinjaman online bernama aplikasi Rupiah Cepat. Sejak tanggal 13 Desember 2019 melalui surat KEP-132/D.05/2019, kegiatan operasional aplikasi ini sudah resmi diawasi langsung oleh OJK.

Kelebihan dari aplikasi Rupiah Cepat adalah dapat diunduh melalui Android dengan ukuran hanya 16 MB dan pastinya tidak akan memberatkan kinerja ponsel. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk meminjam uang secara tunai tanpa agunan.

Besaran dana yang bisa dipinjam melalui Rupiah Cepat adalah maksimal Rp 10.000.000. Pinjaman tersebut harus dilunasi sesuai dengan waktu jatuh tempo yang telah disepakati bersama sesuai ketentuan SOP Rupiah Cepat.

8. Kredit Pintar

Kredit-Pintar

Kredit Pintar merupakan salah satu aplikasi pinjaman online cepat cair untuk Anda yang ingin meminjam uang karena keperluan mendesak. Aplikasi yang dikelola oleh PT Kredit Pintar Indonesia sudah mendapat surat izin KEP-83/D.05/2019 sejak tanggal 30 September 2019 dari OJK.

Sistem pinjaman online aplikasi ini termasuk pinjaman konvensional dengan limit pinjaman maksimum hingga Rp 20.000.000. Peminjaman uang tersebut dapat langsung dilakukan melalui aplikasi Kredit Pintar yang berukuran ringan 20 MB saja.

Setelah melakukan pengisian data dan pengajuan atau permohonan pinjaman, maka pihak Kredit Pintar akan langsung melakukan proses verifikasi. Nantinya uang pinjaman akan langsung dikirim ke rekening bank terdaftar dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Sangat cepat, bukan?

9. DanaRupiah

DanaRupiah

Di mana bisa mendapat pinjaman hingga Rp25.000.000? Jika Anda memerlukan pinjaman dalam jumlah tinggi, maka Anda bisa langsung meminjam uang melalui aplikasi DanaRupiah. Aplikasi berukuran 5.9 MB ini dikelola oleh PT Layanan Keuangan Berbagi.

Selain itu, aplikasi DanaRupiah juga diawasi langsung oleh OJK sejak 9 Mei 2020. Buktinya, aplikasi ini sudah mendapatkan surat izin OJK nomor KEP-18/D.05/2020. Peminjam pun tidak perlu ragu meminjam uang di DanaRupiah.

Aplikasi pinjaman online DanaRupiah termasuk aplikasi yang menyediakan uang pinjaman secara cepat. Pencairan dana pinjaman bahkan dapat dilakukan dalam waktu 1 jam setelah verifikasi dari pihak DanaRupiah selesai dilakukan.

Namun, pastikan semua data diri dan persyaratan serta ketentuan lain dalam prosedur peminjaman uang DanaRupiah benar-benar sudah Anda penuhi. Jangan lupa juga untuk melakukan pembayaran cicilan dana pinjaman dan bunga pinjaman DanaRupiah tepat waktu setiap bulannya.

10. Ammana.id

Ammana.id_

Apakah Anda ingin meminjam uang dengan sistem pinjaman syariah? Tenang saja dan tidak perlu bingung mencari aplikasi pinjaman online aman dengan sistem syariah. Anda hanya perlu melakukan pinjaman melalui aplikasi Ammana.id.

PT Ammana Fintek Syariah sebagai pengembang aplikasi ini memang memiliki komitmen untuk menyediakan pinjaman dengan konsep syariah kepada masyarakat luas. OJK pun mendukung aplikasi ini dengan pengawasan langsung sejak 13 Desember 2019 melalui surat KEP-123/D.05/2019.

Beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi Ammana.id adalah dashboard leading, fasilitas virtual akun, manajemen portofolio, dan produk sesuai standar kepatuhan syariah.

Aplikasi Ammana.id sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan dana mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 10.000.000. Dana pinjaman melalui aplikasi Ammana.id dapat dikembalikan dalam waktu 91 hingga 240 hari.

11. Dana Syariah

Dana-Syariah

PT Dana Syariah Indonesia melalui aplikasi bernama Dana Syariah memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk mendapat pinjaman secara online dan mudah. Aplikasi Dana Syariah sudah diawasi oleh OJK sejak 23 Februari 2021 dengan surat KEP-10/D.05/2021.

Seperti namanya, aplikasi Dana Syariah memberikan pinjaman dengan sistem syariah bagi pengguna Android. Aplikasi Dana Syariah sangat cocok untuk Anda yang ingin meminjam dana demi keperluan dana konstruksi maupun dana rumah.

Selain memberikan pinjaman, aplikasi Dana Syariah juga memberikan kesempatan bagi orang-orang yang ingin membantu memberikan modal pinjaman. Informasi lebih lengkap tentang Dana Syariah dapat diperoleh dengan membuka website resmi https://www.danasyariah.id/.

12. Modalku

Modalku

Modalku merupakan aplikasi pinjaman online yang cocok digunakan bagi Anda yang ingin meminjam modal untuk UMKM offline maupun online. Pastinya UMKM yang dijalani harus memiliki penghasilan minimal Rp 6.000.000 setiap bulan dan sudah berjalan lebih dari 6 bulan.

Aplikasi Modalku dapat diunduh dengan ukuran hanya 21 MB melalui Android. Pengguna aplikasi ini tidak perlu khawatir karena Modalku dibawah naungan PT Mitrausaha Indonesia Grup sudah resmi diawasi OJK sejak 30 September 2019 melalui surat KEP-81/D.05/2019.

13. PinjamDuit

PinjamDuit

Rekomendasi aplikasi pinjaman online legal lainnya adalah aplikasi bernama PinjamDuit yang dikelola oleh PT Stanford Teknologi Indonesia. OJK melalui surat KEP-5/D.05/2021 sejak 6 Januari 2021 telah melakukan pengawasan langsung terhadap operasional aplikasi PinjamDuit.

Anda pun tidak perlu khawatir melakukan pinjaman uang melalui aplikasi PinjamDuit. Besarnya uang yang bisa dipinjam melalui aplikasi PinjamDuit maksimal sebesar Rp 10.000.000 dengan tenor waktu pinjaman hingga 180 hari.

Kelebihan dari aplikasi PinjamDuit adalah menyediakan pinjaman tanpa agunan dan kemudahan prosedur peminjaman uang. Layanan aplikasi PinjamDuit bahkan tersedia dalam waktu 24 setiap harinya, sehingga Anda dapat bertanya tentang apa pun kapan saja dan di mana saja.

14. ModalRakyat

ModalRakyat

ModalRakyat merupakan salah satu platform pinjaman online yang menyediakan dana pinjamn bagi UMKM di Indonesia. Selain memberi kesempatan bagi para peminjam, ModalRakyat juga memberi kesempatan masyarakat untuk ikut membiayai usaha UMKM.

Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh PT Modal Rakyat Indonesia dan sudah mendapat pengawasan langsung dari OJK sejak 21 April 2021. OJK memberikan perizinan untuk aplikasi ModalRakyat melalui surat izin KEP-27/D.05/2021.

Anda dapat mengurus pengajuan dana pinjaman secara cepat melalui aplikasi ModalRakyat. Anda bisa meminjam uang mulai dari Rp 500.000 hingga 2 Miliar melalui ModalRakyat. Syarat melakukan pinjaman di ModalRakyar juga mudah, yaitu memiliki NPWP, rekening bank, identitas diri, dan lain sebagainya.

Durasi pendanaan atau peminjaman dana melalui aplikasi ModalRakyat adalah 3 hingga 12 bulan. Informasi lebih lengkap tentang aplikasi pinjaman ModalRakyat dapat diperoleh melalui situs resmi https://www.modalrakyat.id/.

15. Cairin

Cairin

Aplikasi apa yang terpercaya untuk memberikan pinjaman uang? Anda bisa menggunakan aplikasi Cairin untuk mendapatkan pinjaman uang secara online dengan cepat. Aplikasi pinjaman online terpercaya yang satu ini dikelola oleh PT Idana Solusi Sejahtera.

Melalui surat KEP-29/D.05/2021, sejak tanggal 21 April 2021 OJK sudah memberikan izin usaha resmi Cairin untuk memberikan pinjaman dengan sistem konvensional melalui aplikasi. Aplikasi Cairin yang berukuran 26 MB dapat digunakan pengguna Android dengan mudah.

Berapa uang yang bisa dipinjam melalui aplikasi Cairin? Anda dapat meminjam uang tanpa agunan hingga Rp 3.600.000 melalui aplikasi Cairin. Pastikan untuk membayar cicilan uang pinjaman mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan melalui aplikasi Cairin.

Selain membayar uang pokok pinjaman dari aplikasi Cairin, Anda harus membayar bunga pinjaman yang besarnya maksimum hingga 24% per tahun.

16. UangMe

UangMe

UangMe merupakan aplikasi yang menyediakan kesempatan meminjam uang hingga Rp 4.000.000. Aplikasi yang berukuran 17 MB ini dikelola secara langsung oleh PT Uangme Fintek Indonesia. PT Uangme Fintek Indonesia juga sudah mendapat izin resmi dari OJK sejak 6 Januari 2021.

Izin resmi UangMe dari OJK tersebut dibuktikan dengan adanya surat KEP-4/D.05/2021. Pengawasan langsung yang dilakukan oleh OJK pastinya membuat Anda tidak perlu khawatir melakukan pinjaman online melalui aplikasi UangMe.

Proses pencairan dana pinjaman melalui UangMe dapat sampai ke tangan peminjam kurang lebih dalam waktu 5 menit. Dana pinjaman yang sudah diperoleh harus dikembalikan dalam waktu 3 dan 4 bulan sesuai kesepakatan dengan pihak UangMe.

17. Finmas

Finmas

Finmas merupakan salah satu aplikasi yang juga dapat digunakan untuk mendapatkan pinjaman uang secara online. Platform pinjaman online yang satu ini dikelola oleh PT Oriente Mas Sejahtera dan sudah mendapatkan izin dari OJK sejak 30 September 2019 melalui surat KEP-85/D.05/2019.

Proses peminjaman uang melalui aplikasi Finmas pun mudah dilakukan, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran aplikasi dan melengkapi data diri. Data diri yang diperlukan pada aplikasi Finmas berupa nama, pekerjaan, nomor rekening, KTP, dan informasi lainnya.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengajukan pinjaman dana sesuai dengan kebutuhan. Dana yang dipinjam harus dikembalikan sesuai waktu yang telah disepakati dengan bunga sebesar 0.31% setiap harinya.

Aplikasi pinjaman online memberikan kemudahan bagi Anda yang memerlukan uang dengan cepat. Selain harus menggunakan aplikasi legal yang diawasi langsung oleh OJK, Anda juga harus melakukan pembayaran tepat waktu agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

 

Lihat Juga :