18 Aplikasi Edit Video PC Populer Untuk Pemula dan Pro!!

Sebagai seorang desain grafis atau sinematografi penting untuk mengetahui aplikasi edit video PC yang terbaik. Bagi para konten kreator pun juga tidak terlepas dari editing video sehingga membutuhkan aplikasi ini.

Ada banyak aplikasi edit video PC yang bisa Anda gunakan agar video yang dihasilkan menjadi lebih bagus dan terlihat keren. Tampilan video yang bagus juga akan meningkatkan jumlah penonton atau pemasaran produk dengan sangat baik sehingga patut dipertimbangkan.

Aplikasi Edit Video PC

Aplikasi edit video PC sangat dibutuhkan untuk menghasilkan kualitas yang bagus untuk video sehingga tampilan visual yang muncul membuat para penontonnya tertarik dan mengaguminya.

Anda bisa menggunakan berbagai editing warna, menambahkan animasi, sampai dengan tulisan untuk lebih mempermudah penonton ketika mengolah data yang sudah diberikan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit video PC yang terbaik dan memiliki fitur lengkap.

1. VirtualDub

VirtualDub

Aplikasi yang pertama adalah VirtualDub yang termasuk aplikasi pengolah video terbaik dan gratis. Interface dari VirtualDub juga sederhana sehingga membuat para penggunanya menjadi lebih mudah.

Anda bisa mengedit video dengan baik sehingga menghasilkan konten yang berkualitas. Ada juga fitur untuk merekam layar sehingga ini sering dimanfaatkan bagi orang yang biasa membuat video tutorial dari laptop mereka.

Kemampuannya ini membuat para pengedit video lebih banyak menggunakannya.

2. Avidemux

Avidemux

Aplikasi edit video PC berikutnya adalah Avidemux yang diperuntukkan bagi pemula yang masih belajar untuk edit video. Lewat aplikasi ini, Anda bisa menggunakan fitur edit video terbaik dengan cara pengaturan yang mudah.

Selain itu, fitur-fitur tersebut terbilang sederhana tetapi mampu memberikan sentuhan terbaik untuk video yang dihasilkan. Selain itu, tampilan antar mukanya juga terlihat bersih dan mudah mencari menu yang diinginkan.

Setelah menginstall aplikasi ini, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa harus trial terlebih dahulu sama seperti aplikasi berbayar lainnya yang hanya gratis beberapa waktu saja.

3. OpenShot

OpenShot

OpenShot adalah aplikasi edit video PC terbaik berikutnya yang bagus untuk direkomendasikan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur edit video yang cukup bagus. Anda bisa membuat animasi dan menambahkannya pada video tersebut.

Fitur ini cukup bagus dan hampir sama dengan aplikasi profesional dan berbayar. Walaupun Anda mendapatkannya secara gratis, OpenShot juga memberikan fitur timeline yang mudah digunakan.

Ada juga pemberian efek untuk menambah kesan yang kuat dari video yang akan Anda sampaikan. OpenShot sering dipakai untuk membuat mini film sampai dengan video yang hanya kumpulan dari beberapa gambar yang dikombinasikan dengan musik yang Anda sukai.

Selain itu, ada juga Multiple Track yang memudahkan pengguna untuk mengedit secara banyak (multiple) baik untuk audio, video, sampai dengan gambar yang dipilih.

4. HitFilm Express

HitFilm-Express

HitFilm Express merupakan aplikasi edit video PC yang membuat pengguna bisa mengedit gratis. Ini memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan mudah karena fiturnya sederhana dan termasuk editing video dasar sehingga cocok untuk pemula.

Sudah tersedia lebih dari 400 efek yang ada di aplikasi ini. Kelemahan dari aplikasi ini yaitu hanya digunakan untuk sistem operasi lebih dari 32 bit. Jadi, jika PC kalian masih 32 bit, maka aplikasi ini tidak bisa digunakan.

Namun, jika Anda sudah profesional dan membutuhkan fitur yang lebih lengkap, HitFilm Express juga menyediakan aplikasi versi berbayarnya.

5. Windows Movie Maker 10

Windows-Movie-Maker-10

Aplikasi berikutnya adalah Windows Movie Maker 10 yang merupakan aplikasi edit video PC sejak lama. Jadi, sudah banyak yang mengenal aplikasi ini untuk membuat video yang bagus.

Aplikasi ini kemudian terus berkembang dan menyesuaikan dengan PC sistem operasi Windows 10. Hal ini membuatnya menyediakan berbagai fitur baru yang lebih lengkap.

Tampilannya juga mudah untuk dioperasikan sehingga Anda yang baru belajar juga dapat memahaminya dengan baik. Kestabilan dari hasil edit video tersebut juga cukup bagus sehingga lebih halus dan menarik untuk dilihat.

Selain itu, ada juga fitur animasi yang bervariasi serta tidak perlu HDD yang besar untuk menggunakan aplikasi ini.

6. Shotcut Video Editor

Shotcut-Video-Editor

Berikutnya adalah aplikasi edit video PC yang bernama Shotcut. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan fiturnya yang sederhana dan gampang dipahami. Sudah ada media, efek, sampai dengan preview yang bisa digunakan untuk mempermudah penyuntingan video.

Aplikasi ini cocok untuk para Youtuber untuk membuat video dengan mudah dan tanpa watermark yang akan mengganggu tampilan video Anda. Shortcut Video Editor memiliki kelebihan lainnya yaitu dari spesifikasinya yang ringan.

Selain itu, mendukung banyak perangkat PC. Menariknya, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard yang ada di dalam aplikasi sehingga lebih mudah dioperasikan.

7. VSDC Free Video Editor

VSDC-Free-Video-Editor

Aplikasi ini juga tergolong open source atau gratis sehingga dapat langsung dijalankan untuk melakukan penyuntingan video. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur basic sampai dengan profesional sehingga juga cocok bagi penggiat konten kreator video.

Ada berbagai tools yang diberikan sehingga video menjadi menarik dan memanjakan mata. Selain itu, aplikasi ini juga bebas dari watermark yang membuat video Anda tampak lebih profesional.

PC dengan spesifikasi  yang minim juga bisa menjalankan aplikasi VSDC Free Video Editor. Namun, kelemahan dari VSDC Free Video Editor adalah hanya digunakan untuk laptop atau komputer yang memiliki sistem operasi Windows sehingga perhatikan dulu OS yang Anda punya.

8. Filmora

Filmora

Aplikasi Filmora juga biasa dipakai untuk edit video adalah Filmora. Ini merupakan salah satu aplikasi yang umum dipakai oleh para Youtuber pemula karena dapat diakses gratis. Namun, karena gratis, fiturnya juga tidak terlalu lengkap.

Selain itu, kekurangan dari Filmora adalah di setiap video yang sudah diedit akan muncul watermark sehingga akan mengganggu tampilan video yang sudah diedit. Orang juga bisa tahu aplikasi apa yang dipakai untuk mengedit video tersebut.

Sebenarnya, Anda juga bisa menghilangkan watermark tersebut dengan cara berlangganan atau menggunakan aplikasi yang berbayarnya sehingga video yang dihasilkan bisa leih berkualitas.

Filmora juga cocok untuk laptop spek minim karena aplikasi ini tergolong ringan.

9. Lightworks

Lightworks

Lightworks adalah aplikasi edit video PC yang cukup unik karena memiliki paket video kreatif yang bisa dipakai untuk para konten kreator. Fitur yang diberikan beserta dengan toolsnya juga cukup lengkap sehingga dapat dengan mudah digunakan.

Lightworks memiliki tools lengkap sehingga bagi yang ahli dalam mengedit video dan ingin mendapatkan aplikasi gratis, Lightworks cocok untuk dipakai. Kelebihan dari Lightworks adalah mendukung semua OS jadi sangat fleksibel dipakai.

Anda bisa menggunakannya untuk perangkat OS Windows, Linux, sampai dengan Mac. Selanjutnya, disajikan pula format video yang cukup lengkap mulai dari HD, SD, 2K, dan 4K. Jadi, Anda bisa bebas menentukan kualitas video yang sesuai dengan keinginan.

Kelebihan lainnya dari Lightworks adalah mampu menghasilkan video yang bisa langsung dibagikan di berbagai media sosial. Hal ini karena aplikasi ini juga dapat terhubung dengan akun Anda.

Jadi, begitu video selesai dibuat, Anda dapat langsung membagikannya ke Youtube, Instagram, FB, sampai dengan Vimeo. Fitur-fitur yang menjadi andalan dari aplikasi ini yaitu ada korektor warna, zona kerja aktif, pengaturan audio, dsb.

Namun, kelemahan dari Lightworks ini adalah tidak bisa digunakan untuk perangkat ponsel Android sehingga ini hanya akan cocok untuk jenis komputer atau laptop saja. Jadi, untuk mendapatkannya harus install dari laptop saja.

10. AVS Video Editor

AVS-Video-Editor

AVS Video Editor adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk edit video dan ringan digunakan. Berbagai fitur dasar edit video di aplikasi ini cukup lengkap sampai dengan timelinenya. Dengan demikian, pengolahan video berlangsung praktis dan mudah.

Ada banyak efek yang diberikan dari aplikasi ini sehingga membuat tampilan menjadi lebih keren dan memiliki peluang untuk dilihat oleh banyak pengunjung. Video yang diedit juga memiliki kualitas yang bagus sampai dengan full HD.

Anda bisa memakainya untuk menambahkan tulisan, audio, sampai dengan efek. Tersedia juga fitur cache yang membuat pengeditan yang dihasilkan menjadi lebih mulus dan cepat. Tampilannya juga sederhana sehingga cocok bagi pemula.

Namun, bagi yang sudah ahli, tampilan dari aplikasi ini membuatnya bosan.

11. Cyberlink Power Director

Cyberlink-Power-Director

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Cyberlink yang dapat digunakan secara gratis. Anda bisa mengedit video secara manual dengan mengcustom efek sampai dengan warna sesuai yang diinginkan.

Jika ingin melakukan editing video secara cepat, bisa memanfaatkan fitur Proyek Express. Video bisa diedit 360 derajat sehingga video akan tampil lebih bagus Menariknya, aplikasi ini dapat diunduh hanya dengan RAM 2 GB saja untuk menjalankannya.

Ada juga tools dalam Cyberlink seperti pelacakan gerak yang membuat Anda bisa mengedit dengan mulus. Kelemahan dari aplikasi ini adalah format videonya yang tidak terlalu lengkap.

12. Pinnacle Studio

Pinnacle-Studio

Software edit video PC berikutnya adalah Pinnacle Studio yang memiliki tampilan interface yang user friendly. Ada juga fitur untuk merekam layar laptop sehingga akan cocok bagi Anda yang membuat konten tutorial untuk Youtube atau Instagram.

Efek yang disediakan oleh Pinnacle Studio terbilang cukup lengkap yaitu mencapai 1500 efek. Ada juga versi berbayarnya yang membuat aplikasi ini menyediakan fitur yang lebih lengkap.

Dalam Pinnacle Studio juga menyajikan berbagai template yang memudahkan untuk editing secara cepat. Namun, kelemahan dari Pinnacle studio yaitu harus ada upgrade agar bisa menggunakannya.

13. Davinci Resolve

Davinci-Resolve

Aplikasi ini berasal juga termasuk penyuntingan video terbaik dan gratis yang dibuat oleh Blackmagic Design. Perusahaan tersebut termasuk bisnis yang besar karena mereka juga membuat kamera DSLR yang memiliki kualitas tinggi.

Jadi, tak heran jika perusahaan ini juga menciptakan aplikasi edit video karena sudah profesional dalam menciptakan teknologi yang mumpuni dalam bidang pengambilan gambar dan editing.

Davinci Resolve merupakan aplikasi yang juga memiliki banyak fitur di dalamnya sehingga cocok digunakan untuk pemula sampai dengan profesional. Beberapa fiturnya seperti audio mixing, motion graphic, dsb.

Semua sistem operasi juga bisa menggunakan aplikasi ini karena mendukung Mac, Linux, sampai Windows. Kelemahan dari aplikasi ini adalah dari segi interfacenya yang sedikit membingungkan sehingga perlu memahami dan mengeceknya satu persatu.

Terkadang juga muncul error ketika menggunakan aplikasi ini.

14. VideoPad Video Editor

VideoPad-Video-Editor

VideoPad Video Editor dibuat oleh NCH Software yang memberikan software untuk digunakan edit video di PC. Ukuran aplikasinya kecil sehingga cocok bagi PC yang memiliki memori terbatas atau spek kecil.

Tampilannya juga membuatnya mudah digunakan. Ada berbagai jenis format yang tersedia dari VideoPad Video Editor, contohnya seperti AVI, MP4, MPEG, dsb sehingga Anda bisa memilihnya sesuai yang kompatibel dengan PC.

Audio atau suara juga bisa diedit dengan mudah sehingga praktis. Namun, aplikasi VideoPad hanya akan cocok bagi pemula karena toolsnya yang cukup terbatas. Oleh sebab itu, tidak terlalu cocok untuk ahli yang membutuhkan fitur yang lebih mumpuni.

15. Adobe Premiere Pro

Adobe-Premiere-Pro

Aplikasi edit video PC terbaik dan paling banyak digunakan adalah Adobe Premiere Pro. Aplikasi ini biasa dipakai untuk para profesional yang ahli dalam mengedit video. Aplikasi ini juga user friendly meski bisa digunakan oleh ahli.

Dari segi fungsionalnya, Adobe Premiere Pro menawarkan berbagai fitur yang lengkap yang digunakan untuk membuat video pendek, film, sampai dengan MV musik. Untuk mendapatkannya, Anda harus berlangganan dan mengeluarkan biaya untuk itu.

Namun, biaya tersebut sesuai dengan tools yang diberikan karena cukup lengkap dan membuat hasil video menjadi lebih bagus. Jika ingin mendapatkan versi gratisnya tersedia juga aplikasi Adobe Premiere Pro CS2.

Jadi, aplikasi ini kurang cocok untuk pemula karena perlu beradaptasi dengan berbagai tools yang banyak.

16. Sony Vegas Pro

Sony-Vegas-Pro

Aplikasi edit video PC berikutnya adalah berasal dari brand teknologi terkenal yaitu Sony. Perusahaan ini juga mengembangkan aplikasi penyuntingan video yang berkualitas.

Untuk mendapatkannya, Anda harus membayar terlebih dahulu karena software ini cocok untuk profesional. Namun, jika ingin mencobanya bisa menggunakan versi trialnya yang dapat diakses dalam kurun waktu tertentu.

Jika masa trial tersebut sudah habis, maka Anda akan diminta untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi ini.

17. Blender

Blender

Blender termasuk aplikasi edit video yang ringan tetapi menyajikan tools yang cukup lengkap. Blender juga bisa digunakan oleh para ahli editing untuk mengerjakan tugasnya dengan baik.

Fitur yang ada di Blender seperti live preview, audio mixing, syncing, dan berbagai fitur dasar lainnya.

Aplikasi ini juga berbasis open source atau gratis sehingga dapat diakses dengan mudah. Keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu multi platform karena dapat digunakan di berbagai sistem OS mulai dari MacOS, Windows, sampai dengan Linux.

Umumnya, aplikasi ini dimanfaatkan untuk membuat animasi 3D karena menyediakan fitur seperti Game Engine, Sculpting, dsb. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu melakukan upgrade ke versi terbarunya agar bisa menikmati berbagai fitur di dalamnya.

18. Corel Video Studio

Corel-Video-Studio

Aplikasi yang terakhir untuk edit video yang populer dan terbaik adalah Corel Video Studio. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa membuat video dengan tampilan yang memukau dan resolusi yang tinggi bahkan sampai 4K.

Corel Video Studio akan cocok digunakan bagi pemula maupun ahli di bidang editing. Untuk mendapatkannya, Anda harus membayar biaya langganan jadi tidak gratis. Namun, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan menggunakan trialnya.

18 aplikasi edit video PC ini termasuk dalam aplikasi terbaik dan populer. Dari beragam aplikasi tersebut bisa digunakan untuk pemula atau bahkan profesional.

 

Lihat Juga :